Jumat, 11 Januari 2013

RPP SENI BUDAYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMP Negeri 1 Moyo Hulu
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas / Semester                      : VII (Tujuh ) / 2 ( Dua )
Pertemuan                               : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu                        : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi               : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar                   : 9.1 Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat.
Indikator:
1.       Menguraikan maksud dari Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa.
2.      Mengidentifikasi jenis Karya Seni Rupa Terapan daerah Sumbawa.
3.      Menyebutkan Alat dan Bahan dalam pembuatan Karya Seni Rupa Terapan daerah Sumbawa.
4.      Menyebutkan 5 buah bagian dari alat tenun tradisional Sumbawa.
5.      Menguraikan Fungsi dari Kre Alang.
A.     Tujuan Pembelajaran.
1.      Melalui bimbingan dari guru, siswa mampu menguraikan maksud dari Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa, yang dilakukan dengan Tekun, teliti dan dengan rasa penuh tanggung jawab dalam mengurai maksud tersebut.
2.      Dengan penjelasan yang diberikan oleh guru terlebih dahulu, siswa mampu mencari/ mengidentifikasi dari jenis jenis karya sei rupa terapan daerah Simbawa, yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab tekun dan teliti.
3.      Melalui bimbingan dari guru, siswa mampu menyebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam pemnciptaan karya seni rupa terapan daerah Sumbawa, yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab, percaya diri dan tekun.
4.      Melalui bimbingan guru, dengan tekun siswa mencari dan menemukan nama bagian bagian dari alat tenun tradisional dari daerah Sumbawa.
5.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat mencari fungsi dari Kre Alang yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab.

B.     Materi Pembelajaran.
1.      Batasan tentang karya seni rupa terapan daerah Sumbawa.
2.      Jenis jenis karya seni rupa terapan daerah Sumbawa.
3.      Alat dan bahan yang digunakan dalam penciptaan karya seni rupa terapan daerah Sumbawa.
4.      Alat tenun tradisional Sumbawa dan bagian dan bagian bagiannya.
5.      Fungsi Kre Alang dalam masyarakat Sumbawa.
C.     Metode Pembelajaran
1.      Penugasan.
2.      Tanya Jawab.





D.    Langkah langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan         : 10 menit
a.       Membuka pelajaran dengan berdoa bersama.
b.      Menanyakan siswa yang tidak hadir, dan memberi harapan untuk bisa hadir dalam pertemuan berikutnya.
c.       Memberi pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi yang akan disajikan dengan mencari contoh yang ada dalam kehidupan seharian dilingkungan sekitar siswa.
2.      Kegiatan Inti                          : 60 menit
Eksplorasi.
a.       Siswa melihat tayangan jenis jenis karya seni rupa terapan daerah Sumbawa melalui LCD.
b.      Dengan bimbingan guru, siswa mencari dan menemukan batasan dari Karya seni rupa terapan daerah setempat.
c.       Guru memberi pertanyaan kepada siswa tenyang karya seni rupa daerah Sumbawa, sambil memberi motivasi agar siswa berani mengutarakan pendapatnya.
d.      Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya seputar materi yang disampaikan sambil terus memberi motivasi dan hadiah pada siswa yang berani mengajukan pertanyaan.
Elaborasi
a.       Memfasilitasi siswa untuk melakukan diskusi dengan teman sebangku dalam mencari informasi tentang seni rupa terapan daerah Sumbawa.
b.      Memfasilitasi siswa untuk dapat mendiskripsikan pemikiranya dan dapat mengungkapkan pemikiranya didepan teman sekelasnya
Konfirmasi
a.       Memberi penguatan pada siswa dengan memberi pujian ataupun hadiah.
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi yang dilakukan oleh siswa.
3.      Kegiatan Penutup     : 10 menit
a.       Memberi pertanyaan pada siswa terhadap materi yang disajikan.
b.      Membuat simpulan bersama siswa terhadap materi yang disajikan.
c.       Memberikan tugas rumah pada siswa.

E.     Sumber Belajar
1.      Buku Seni Budaya Kelas VII, Penerbit Erlangga Jakarta.
2.      Gambar Karya seni rupa terapan daerah Sumbawa yang ditayangkan melalui LCD.

F.     Penilaian
a.       Teknik Penilaian    : Tes Tulis
b.      Instrumen Penilaian.
No
SK / KD
Indikator
Soal Kelas
Bobot Soal
Skor
1
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa /Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Terapan Daerah.
1, Menguraikan maksud dari Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa.

2, Menyebutkan 5 buah Karya Seni Rupa Terapan dari daerah Sumbawa.

3, Menyebutkan 5 buah bahan yang digunakan dalam menciptakan Karya Seni Rupa Terapan dari daerah Sumbawa.

4, Menyebutkan 5 nama dalam alat tenun tradisional Sumbawa.

5, Menguraikan Fungsi dari Kre Alang

VII/2
30



10



10




20


30
4



5



5




5


5
Instrumen Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Berilah uraian ! Apa yang dimaksud dengan Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa.
2.      Sebutkan 5 buah Karya Seni Rupa Terapan Dari daerah Sumbawa!
3.      Sebutkan 5 buah bahan yang biasa digunakan dalam menciptakan Karya Seni Rupa Terapan dari daerah Sumbawa.!
4.      Sebutkan 5 buah bagian nama dari alat tenun tradisional dari daerah Sumbawa.
5.      Berikan penjelasan tentang fungsi dari Kre Alang dalam Pakaian adat masyarakat Sumbawa!

Teknik penentuan penilaian:

1.      NA,Aspek  

2.      Nilai Akir = NA1+NA2+NA3+NA4+NA5





Kepala
SMP Negeri 1 Moyo Hulu




SYAHMID, S.Pd.
NIP, 19650503 198803 1 030
Semamung, 24 Desember 2012
Guru Mata Pelajaran Seni Budaya




HARI PURNOMO,S.Pd.
NIP,19660803 199003 1 014






KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSEKORAN

Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Kelas/Semester            : VII/2
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Terapan Daerah
Tahun Pelajaran           : 2012/2013
A.    Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban/Kata Kunci
Skor
Bobot
Na,Soal
1
Yang dimaksud dengan Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa adalah:
Suatu hasil cipta karya seni rupa.........................................
Yang dibuat dengan mengutamakan segi fungsi....................
Selain juga dinikmati nilai estetisnya..................................
Yang berasal dari daerah Sumbawa....................................

(4 )

1
1
1
1
30





4
2
Yang termasuk 5 buah karya Seni Rupa terapan dari daerah Sumbawa
1.      Tudung Saji...........................................................
2.      Kre Alang..............................................................
3.      Sapu.....................................................................
4.      Ampat..................................................................
5.      Serunai.................................................................

( 5 )

1
1
1
1
1
10
5
3
5 buah bahan yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa terapan daerah Sumbawa.
1.      Daun Lontar..........................................................
2.      Bambu / Bulu........................................................
3.      Benang.................................................................
4.      Kayu....................................................................
5.      Besi......................................................................

( 5 )

1
1
1
1
1
10
5
4
Yang termasuk 5 bagian dari alat tenun tradisional dari daerah Sumbawa adalah :
1.      Belida
2.      Apit
3.      Sisir / Sisir Sesek
4.      Tane’
5.      Kelos./Kelok

( 5 )
20
5
5
Fungsi dari Kre Alang dalam Pakaian adat Sumbawa adalah :
1.      Sebagai lambag ciri khas pakaian adat orang laki laki pada masyarakat Sumbawa......................................
2.      Sebagai Lambang Kebangsawanan bagi orang Sumbawa...............................................................
3.      Sebagai lambag kejantanan.......................................
4.      Sebagai lambang tingkat strata sosial masyarakat Sumbawa..............................................................
5.      Pelengkap busana adat pada masyarakat Sumbawa..

( 5 )

1

1
1

1
1
30
5

Jumlah
29
100
29

Tidak ada komentar: