RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Negeri 1 Moyo Hulu
Mata Pelajaran :
Seni Budaya ( Seni Rupa )
Kelas / Semester :
VII (Tujuh ) / 2 ( Dua )
Pertemuan :
1 ( Satu )
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit
Standar Kompetensi :
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat.
Indikator:
1.
Menguraikan maksud dari Karya Seni Rupa
Terapan Daerah Sumbawa.
2.
Mengidentifikasi jenis Karya Seni Rupa Terapan
daerah Sumbawa.
3.
Menyebutkan Alat dan Bahan dalam pembuatan Karya
Seni Rupa Terapan daerah Sumbawa.
4.
Menyebutkan 5 buah bagian dari alat tenun
tradisional Sumbawa.
5.
Menguraikan Fungsi dari Kre Alang.
A.
Tujuan Pembelajaran.
1.
Melalui bimbingan dari guru, siswa mampu
menguraikan maksud dari Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa, yang dilakukan
dengan Tekun, teliti dan dengan rasa penuh tanggung jawab dalam mengurai maksud
tersebut.
2.
Dengan penjelasan yang diberikan oleh guru
terlebih dahulu, siswa mampu mencari/ mengidentifikasi dari jenis jenis karya
sei rupa terapan daerah Simbawa, yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab
tekun dan teliti.
3.
Melalui bimbingan dari guru, siswa mampu
menyebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam pemnciptaan karya seni rupa
terapan daerah Sumbawa, yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab, percaya diri
dan tekun.
4.
Melalui bimbingan guru, dengan tekun siswa
mencari dan menemukan nama bagian bagian dari alat tenun tradisional dari
daerah Sumbawa.
5.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat mencari
fungsi dari Kre Alang yang dilakukan dengan rasa tanggung jawab.
B.
Materi Pembelajaran.
1.
Batasan tentang karya seni rupa terapan daerah
Sumbawa.
2.
Jenis jenis karya seni rupa terapan daerah
Sumbawa.
3.
Alat dan bahan yang digunakan dalam penciptaan
karya seni rupa terapan daerah Sumbawa.
4.
Alat tenun tradisional Sumbawa dan bagian dan
bagian bagiannya.
5.
Fungsi Kre Alang dalam masyarakat Sumbawa.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Penugasan.
2.
Tanya Jawab.
D.
Langkah langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan : 10 menit
a.
Membuka pelajaran dengan berdoa bersama.
b.
Menanyakan siswa yang tidak hadir, dan memberi
harapan untuk bisa hadir dalam pertemuan berikutnya.
c.
Memberi pertanyaan kepada siswa terkait dengan
materi yang akan disajikan dengan mencari contoh yang ada dalam kehidupan
seharian dilingkungan sekitar siswa.
2. Kegiatan Inti : 60 menit
Eksplorasi.
a.
Siswa melihat tayangan jenis jenis karya seni
rupa terapan daerah Sumbawa melalui LCD.
b.
Dengan bimbingan guru, siswa mencari dan
menemukan batasan dari Karya seni rupa terapan daerah setempat.
c.
Guru memberi pertanyaan kepada siswa tenyang
karya seni rupa daerah Sumbawa, sambil memberi motivasi agar siswa berani
mengutarakan pendapatnya.
d.
Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya
seputar materi yang disampaikan sambil terus memberi motivasi dan hadiah pada
siswa yang berani mengajukan pertanyaan.
Elaborasi
a.
Memfasilitasi siswa untuk melakukan diskusi
dengan teman sebangku dalam mencari informasi tentang seni rupa terapan daerah
Sumbawa.
b.
Memfasilitasi siswa untuk dapat mendiskripsikan
pemikiranya dan dapat mengungkapkan pemikiranya didepan teman sekelasnya
Konfirmasi
a.
Memberi penguatan pada siswa dengan memberi
pujian ataupun hadiah.
b.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi yang dilakukan oleh siswa.
3. Kegiatan Penutup : 10 menit
a.
Memberi pertanyaan pada siswa terhadap materi
yang disajikan.
b.
Membuat simpulan bersama siswa terhadap materi
yang disajikan.
c.
Memberikan tugas rumah pada siswa.
E. Sumber Belajar
1.
Buku Seni Budaya Kelas VII, Penerbit Erlangga
Jakarta.
2.
Gambar Karya seni rupa terapan daerah Sumbawa yang
ditayangkan melalui LCD.
F. Penilaian
a.
Teknik Penilaian :
Tes Tulis
b.
Instrumen Penilaian.
No
|
SK / KD
|
Indikator
|
Soal Kelas
|
Bobot Soal
|
Skor
|
1
|
9. Mengapresiasi Karya Seni
Rupa /Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Terapan Daerah.
|
1, Menguraikan
maksud dari Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa.
2, Menyebutkan
5 buah Karya Seni Rupa Terapan dari daerah Sumbawa.
3, Menyebutkan
5 buah bahan yang digunakan dalam menciptakan Karya Seni Rupa Terapan dari
daerah Sumbawa.
4, Menyebutkan
5 nama dalam alat tenun tradisional Sumbawa.
5, Menguraikan
Fungsi dari Kre Alang
|
VII/2
|
30
10
10
20
30
|
4
5
5
5
5
|
Instrumen
Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Berilah uraian ! Apa yang dimaksud dengan Karya
Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa.
2.
Sebutkan 5 buah Karya Seni Rupa Terapan Dari
daerah Sumbawa!
3.
Sebutkan 5 buah bahan yang biasa digunakan dalam
menciptakan Karya Seni Rupa Terapan dari daerah Sumbawa.!
4.
Sebutkan 5 buah bagian nama dari alat tenun
tradisional dari daerah Sumbawa.
5.
Berikan penjelasan tentang fungsi dari Kre Alang
dalam Pakaian adat masyarakat Sumbawa!
Teknik penentuan
penilaian:
1.
NA,Aspek
2.
Nilai Akir = NA1+NA2+NA3+NA4+NA5
Kepala
SMP Negeri
1 Moyo Hulu
SYAHMID,
S.Pd.
NIP, 19650503 198803 1 030
|
Semamung,
24 Desember 2012
Guru Mata
Pelajaran Seni Budaya
HARI
PURNOMO,S.Pd.
NIP,19660803 199003 1 014
|
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENSEKORAN
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas/Semester :
VII/2
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi Karya Seni Rupa Terapan Daerah
Tahun Pelajaran :
2012/2013
A. Kunci Jawaban
No
|
Kunci Jawaban/Kata Kunci
|
Skor
|
Bobot
|
Na,Soal
|
1
|
Yang
dimaksud dengan Karya Seni Rupa Terapan Daerah Sumbawa adalah:
Suatu hasil
cipta karya seni rupa.........................................
Yang dibuat
dengan mengutamakan segi fungsi....................
Selain juga
dinikmati nilai estetisnya..................................
Yang berasal
dari daerah Sumbawa....................................
|
(4 )
1
1
1
1
|
30
|
4
|
2
|
Yang
termasuk 5 buah karya Seni Rupa terapan dari daerah Sumbawa
1.
Tudung
Saji...........................................................
2.
Kre Alang..............................................................
3.
Sapu.....................................................................
4.
Ampat..................................................................
5.
Serunai.................................................................
|
( 5 )
1
1
1
1
1
|
10
|
5
|
3
|
5 buah bahan
yang bisa digunakan dalam menciptakan karya seni rupa terapan daerah Sumbawa.
1.
Daun
Lontar..........................................................
2.
Bambu / Bulu........................................................
3.
Benang.................................................................
4.
Kayu....................................................................
5.
Besi......................................................................
|
(
5 )
1
1
1
1
1
|
10
|
5
|
4
|
Yang
termasuk 5 bagian dari alat tenun tradisional dari daerah Sumbawa adalah :
1.
Belida
2.
Apit
3.
Sisir / Sisir Sesek
4.
Tane’
5.
Kelos./Kelok
|
(
5 )
|
20
|
5
|
5
|
Fungsi dari
Kre Alang dalam Pakaian adat Sumbawa adalah :
1.
Sebagai lambag ciri khas pakaian adat orang
laki laki pada masyarakat Sumbawa......................................
2.
Sebagai Lambang Kebangsawanan bagi orang
Sumbawa...............................................................
3.
Sebagai lambag kejantanan.......................................
4.
Sebagai lambang tingkat strata sosial
masyarakat
Sumbawa..............................................................
5.
Pelengkap busana adat pada masyarakat
Sumbawa..
|
(
5 )
1
1
1
1
1
|
30
|
5
|
|
Jumlah
|
29
|
100
|
29
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar